portal informasi 2022

Memahami Perbedaan Malware, Adware Dan Spyware

Memahami Perbedaan Malware, Adware Dan Spyware
Memahami Perbedaan Malware, Adware Dan Spyware
Pada artikel sebelumnya kita telah mengupas satu persatu wacana apa yang dimaksud dengan malware, virus, trojan, worm dan spam yang sanggup anda jumpai pada artikel : Perbedaan Spam,Malware,Virus,Trojan Dan Worm.

Artikel kita kali ini masih berafiliasi dengan malware. Dalam serba definisi kali ini kita akan membahas perbedaan wacana malware, adware dan spyware.

Malware

Malware merupakan akronim dari Malicious Software, yang artinya sebuah software yang mencurigakan yang sanggup mengganggu sistem komputer kita.

Maleware sanggup berupa sebuah software atau sript (kode) yang kemudian menyamar menjadi user dan menjalankan sistem tanpa persetujuan.  Beberapa bentuk malware yang sering kita dengar ialah virus. Bentuk lain malware ialah Trojan, Worm, Rootkit, Ransomware dsb. Cara kerja masing-masing malware tersebut berbeda-beda, namun satu tujuannya ialah bersifat merusak atau mengganggu.

Dengan demikian istilah malware secara umum dipakai untuk menggambarkan acara atau aba-aba yang dimaksudkan untuk mengeksploitasi komputer, atau data-data yang terdapat di dalamnya tanpa persetujuan, termasuk untuk menggambarkan acara atau aba-aba yang bersifat merusak, berbahaya dan mengganggu.

Adware

Adware merupakan akronim dari kata "Advertising" dan "Malware". Dengan demikian sanggup kita simpulkan bahwa Adware merupakan salah satu jenis Malware juga, dimana fokus dari malware ini ialah menampilkan iklan. Memang Adware ini kurang berbahaya, namun cukup mengjengkelkan dengan banyaknya iklan yang sering bermunculan.

Adwaresering berada pada banyak sekali acara gratisan. Misalnya saja iklan-iklan yang terdapat pada Windows Live Messenger atau Yahoo! Messenger, itu ialah adware. Program-program offline yang kita download juga biasanya mengandung adware dan akan menampilkan iklan pada user-interface.

Disamping itu Adware akan memboros bandwidth kita bila dalam kondisi online, dan biasany iklan akan update dengan yang baru.

Spyware

Spyware merupakan akronim dari kata "Spy" yang berarti memata-matai dan kata "Malware". Makara malware ini diciptakan dengan tujuan memata-matai semua kegiatan komputer kita, sehingga nantinya begitu komputer kita terhubung ke internet maka segala isu mengenai kegiatan komputer kita akan dikirim ke si pembuat spyware. Spyware ini juga merekam kegiatan pengetikan kita, menyerupai mirip keylogger misal : ketika kita mengetik password facebook, password email.

Motivasi lain dari si pencipta menciptakan Spyware ialah mengawasi kita ketika berselancar di internet. Apa-apa yang kita buka melalui sebuah browser menjadi peluang bisnis bagi si pencipta spyware dengan menyediakan produk yang banyak dibutuhkan.

Kesimpulan

Makara Adware dan Spyware ialah Malware yang mempunyai fungsi dan tujuan yang berbeda dan sistem kerja yang berbeda juga.
Advertisement

Iklan Sidebar

Adsense 728x90