portal informasi 2022

Pengertian, Manfaat, Jenis-Jenis Dan Tumpuan Cloud Computing

Pengertian, Manfaat, Jenis-Jenis Dan Tumpuan Cloud Computing
Pengertian, Manfaat, Jenis-Jenis Dan Tumpuan Cloud Computing
Serba definisi kali ini akan mengdiskusikan Cloud Computing. Dalam pembahasan kali ini, kita akan memahami apa itu cloud computing, kemudian kita akan mendapat citra perihal manfaat cloud computing, disamping itu akan diuraikan jenis-jenis cloud computing. Dan dalam pembahasan terakhir nantinya akan diberikan pola implementasi cloud computing yang mungkin sudah kita ketahui.

Cloud Computing atau yang dalam bahasa indonesia sering disebut sebagai "Komputasi Awan" telah kita gunakan dan rasakan keuntungannya tanpa kita sadari. Google Drive merupakan salah satu pola kawasan kita menyimpan file dengan cara mengupload. Dalam hal ini tugas menyerupai flashdisk sebagai sebuah storage sanggup digantikan oleh google drive. Untuk memakai layanan google drive tentunya kita harus memakai koneksi internet. Dengan demikian layanan tersebut bisa disebut kepingan dari cloud computing atau komputasi awan. Untuk lebih memperjelas apa itu cloud computing, silahkan simak pembahasan secara detil yang dimulai dari pengertian cloud computing.

Apa itu Cloud Computing ?

Cloud computing yakni sebuah model untuk mengatakan layanan teknologi gosip di mana resource diambil dari internet melalui tool dan aplikasi berbasis web dan bukan koneksi pribadi ke server. Data dan perangkat lunak disimpan di server, Namun, struktur komputasi awan memungkinkan saluran ke gosip asalkan perangkat elektronik tersebut mempunyai saluran ke web. Jenis sistem ini memungkinkan karyawan bekerja dari jarak jauh (secara remote).

Poin terpenting dari definsi diatas adalah, sesungguhnya cloud computing :
  • Layanan disajikan melalui koneksi internet (over TCP/IP)
  • Resource berada disisi provider yang mengeluarkan jasa layanan cloud computing
Cloud computing menyebabkan internet sebagai sentra server untuk mengelola data dan juga aplikasi pengguna. Teknologi ini mengizinkan para pengguna untuk menjalankan agenda tanpa instalasi dan mengizinkan pengguna untuk mengakses data pribadi mereka. 

Manfaat Cloud Computing

  • Semua data tersimpan di server secara terpusat
    Salah satu keunggulan teknologi cloud yakni memungkinkan pengguna untuk menyimpan data secara terpusat di satu server menurut layanan yang disediakan oleh penyedia layanan Cloud Computing itu sendiri. Dengan demikian, pengguna tidak per perlu lagi menyediakan infrastruktur menyerupai data center, media penyimpanan/storage dll sebab semua telah tersedia secara virtual.

  • Keamanan Data
    Keamanan data pengguna sanggup disimpan dengan kondusif lewat server yang disediakan oleh penyedia layanan Cloud Computing menyerupai jaminan platform teknologi, jaminan ISO, data pribadi, dll.

  • Fleksibilitas dan skalabilitas yang tinggi
    Teknologi Cloud mengatakan fleksibilitas dengan fasilitas data akses, kapan dan dimanapun kita berada dengan catatan bahwa pengguna (user) terkoneksi dengan internet. Selain itu, pengguna sanggup dengan gampang meningkatkan atau mengurangi kapasitas penyimpanan data tanpa perlu membeli peralatan pemanis menyerupai hardisk. 

  • Investasi jangka panjang
    Penghematan biaya akan pembelian inventaris menyerupai infrastruktur, hardisk, dll akan berkurang dikarenakan pengguna akan dikenakan biaya kompensasi rutin per bulan sesuai dengan paket layanan yang telah disepakati dengan penyedia layanan Cloud Computing. Biaya royalti atas lisensi software juga bisa dikurangi sebab semua telah dijalankan lewat komputasi berbasis Cloud.

Jenis-Jenis Layanan Cloud Computing

1. Infrastructure as a Service (IaaS)

Infrastructure as a Service yakni layanan komputasi awan yang menyediakan infrastruktur IT berupa CPU, RAM, storage, bandwith dan konfigurasi lain. Komponen-komponen tersebut dipakai untuk membangun komputer virtual. Komputer virtual sanggup diinstal sistem operasi dan aplikasi sesuai kebutuhan.

Manfaat dari IaaS
  • Tidak perlu berinvestasi di hardware anda sendiri.
  • Skala infrastruktur sesuai seruan untuk mendukung beban kerja dinamis.
  • Layanan inovatif dan fleksibel tersedia sesuai permintaan

 Perusahaan yang menyediakan IaaS yakni Amazon EC2, TelkomCloud dan BizNetCloud.

2. Platform as a Service (PaaS)

Platform as a Service yakni layanan yang menyediakan computing platform. Biasanya sudah terdapat sistem operasi, database, web server dan framework aplikasi supaya sanggup menjalankan aplikasi yang telah dibuat. Perusahaan yang menyediakan layanan tersebutlah yang bertanggung jawab dalam pemeliharaan computing platform ini. Keuntungan layanan PaaS ini bagi pengembang yakni mereka bisa fokus pada aplikasi yang mereka buat tanpa memikirkan perihal pemeliharaan dari computing platform. Contoh penyedia layanan PaaS yakni Amazon Web Service dan Windows Azure.

3. Software as a Service (SaaS)

Software as a Service yakni layanan komputasi awan dimana kita bisa pribadi memakai aplikasi yang telah disediakan. Penyedia layanan mengelola infrastruktur dan platform yang menjalankan aplikasi tersebut.

Manfaat dari SaaS
  • Anda bisa mendaftar dan dengan cepat mulai memakai aplikasi bisnis yang inovatif.
  • Aplikasi dan data sanggup diakses dari komputer yang sudah terhubung ke cloud.
  • Tidak ada data yang hilang kalau komputer Anda rusak, sebab data ada di awan.
  • Layanan ini bisa secara dinamis menyesuaikan kebutuhan pemakaian
Contoh layanan aplikasi email yaitu gmail, yahoo dan outlook sedangkan pola aplikasi media umum yakni twitter, facebook dan google+. Ada juga aplikasi yang mengharuskan pengguna untuk berlangganan supaya bisa mengakses aplikasi yaitu Office 365 dan Adobe Creative Cloud.


Contoh Layanan Cloud Computing

1. Google Drive

Google Drive yakni layanan penyimpanan secara online yang dimiliki Google. Google Drive diluncurkan pada tanggal 24 April 2012. Sebenarnya Google Drive merupakan pengembangan dari Google Docs. Google Drive mengatakan kapasitas penyimpanan sebesar 5GB kepada setiap penggunanya. Kapasitas tersebut sanggup ditambahkan dengan melaksanakan pembayaran atau pembelian Storage. Penyimpanan file di Google Drive sanggup memudahkan pemilik file sanggup mengakses file tersebut kapanpun dan dimanapun dengan memakai komputer desktop, laptop, komputer tablet ataupun smartphone. File tersebut juga sanggup dengan gampang dibagikan dengan orang lain untuk menyebarkan pakai ataupun melaksanakan kerja sama dalam pengeditan.

2. Windows Azure

Windows Azure yakni sistem operasi yang berbasis komputasi awan, dibentuk oleh Microsoft untuk mengembangkan dan mengatur aplikasi serta melayani sebuah jaringan global dari Microsoft Data Centers. Windows Azure yang mendukung banyak sekali macam bahasa dan alat pemograman. Sistem operasi ini dirilis pada 1 Februari 2010.

3. Amazon Web Service

Amazon  Web Service (AWS) merupakan salah satu layanan Platform as service (PaaS) yang dibentuk oleh perusahaan Amazon. Dengan memakai AWS kita sanggup mengembangkan aplikasi dengan mengaktifkan middleware ataupun aplikasi yang dibutuhkan.

4. Git dan GitHub

Git dan GitHub telah mengubah cara kita bekerja dalam pengembangan web. Mereka menyediakan lokasi berbasis cloud yang terpusat untuk menyimpan, berbagi, menerbitkan, menguji, dan berkolaborasi dalam proyek pengembangan web. Git merevolusi kontrol versi-penting ketika Anda mempunyai lebih dari satu pengembang yang mengerjakan proyek. GitHub telah menambahkan platform pementasan yang memungkinkan pengembang membagikan prototipe, berkolaborasi dalam proyek, mengedit dan membangun arahan masing-masing, dan memberi kesempatan kepada pemangku kepentingan untuk melaksanakan kemajuan dalam proses uji coba.



Referensi

1. https://www.ibm.com/cloud-computing/learn-more/what-is-cloud-computing/
2. http://if.unesa.ac.id/blog/aditya/2017/04/12/mengenal-teknologi-cloud-computing-komputasi-awan/.
3. https://www.upwork.com/hiring/development/what-is-github-and-why-should-your-digital-team-use-it/
Advertisement

Iklan Sidebar

Adsense 728x90