portal informasi 2022

Apa Yang Dimaksud Dengan Garis Meridian ?

Apa Yang Dimaksud Dengan Garis Meridian ?
Apa Yang Dimaksud Dengan Garis Meridian ?
kali ini akan menengahkan pembahasan wacana apa yang dimaksud dengan garis meridian ?.

Pada pembahasan sebelumnya, kita telah memahami wacana apa itu garis khatulistiwa atau yang biasa disebut juga dengan garis ekuator, maka pembahasan berikutnya dalam topik kali ini kita akan memahami wacana garis meridian.

Pengertian Garis Meridian

Garis meridian ialah garis khayal pada permukaan bumi, daerah kedudukan titik-titik dengan bujur yang sama, menghubungkan kutub utara dan kutub selatan. Dengan demikian setiap titik di permukaan bumi mempunyai meridiannya sendiri-sendiri. Sebuah titik di suatu meridian ditentukan posisinya oleh lintang. Setiap meridian selalu tegak lurus dengan bulat lintang. Tiap-tiap meridian mempunyai panjang yang sama, yaitu setengah dari bulat besar bola bumi.

Garis Meridian 0 derajat juga disebut sebagai garis Meridian Utama. Garis ini saling tegak lurus dengan garis Khatulistiwa (equator) yang membagi bumi menjadi bab utara dan selatan.

Istilah "meridian" berasal dari bahasa Latin, meridies, yang berarti "tengah hari" (atau "midday" dalam bahasa Inggris); Matahari melintasi titik di atas suatu meridian yang merupakan titik setengah jalan lintasannya antara ketika terbit dan tenggelam. Akar kata Latin yang sama dipakai juga untuk menyebut istilah A.M. dan P.M. yaitu suatu pernyataan waktu untuk memisahkan jam-jam dalam satu hari ketika dinyatakan dalam sistem 12 jam.

7 Kota Yang Di Lewati Garis Meridian 0 Derajat

Jika Pontianak salah kota di Indonesia yang dilewati oleh garis khatulistiwa, maka kota mana saja di dunia yang yang di lewati oleh garis 0 derajat Meridian?.

Berikut ini ialah daftar-daftar kota yang dilalui garis meridian 0 derajat:
  1. Greenwich, London 0°00′
    Kota Greenwich berada di London dan semenjak tahun 1884 telah ditetapkan sebagai titik awal perhitungan waktu dunia yang dikenal dengan sebutan GMT (Greenwich Mean Time).

  2. Lomé, Togo +1°12′
    Kota Lome berada di negara Togo yang sekaligus merupakan ibu kota Negara.Lome terletak di sisi maritim atlantik dan menghadap ke Teluk Guyana. Kota ini merupakan salah satu kota di dunia yang di lewati oleh garis meridian 0 derajat.

  3. Ouagadougou, Burkina Faso -1°32′
    Ouagadougou ialah ibu kota negara Burkina Faso. Nama kota ini sering disingkat menjadi Ouaga

  4. Niamey, Niger +2°6′
    Niamey merupakan ibu kota dari negara Niger yang sekaligus mejadi kota terbesar di Niger. Populasi penduduknya sekitar 800,000 jiwa (2000) dengan luas wilayah yang dimiliki adalah670 km². Kota Niamey menjadi sentra administratif, ekonomi, budaya. Adapun jenis-jenis industri yang terdapat di kota tersebut ialah : watu bata, keramik, semen, dan tenun.

  5. Paris, France +2°21′
    Siapa yang tidak tahu Paris ?. Ya, kota Paris merupakan destinasi wisata paling diminati oleh masyarakat dunia. Salah satu daerah yang menjadi minat wisatawan ialah menara Eiffel yang menjadi daerah banyak orang untuk melamar kekasihnya, pemandangannya sangat indah, dan daerah dimana kau sanggup mendapat masakan yang nikmat.Selain itu kota Paris ini diidentikkan sebagai kota yang romantis alasannya banyak bangunan kuno yang indah yang menciptakan para wisatawan menikmati dalam mengunjunginya.

  6. Accra, Ghana 0°12′
    Accra merupakan Ibu Kota dari Negara Ghana. Menurut sejarahnya kota ini didirikan pada kurun ke 15 sebagai sentra perdagangan Bangsa Portugal.

  7. Madrid, Spain at 3°41′
    Bagi anda penggemar dunia sepakbolah, tentunya nama Madrid sudah tidak abnormal lagi. Ya, di kota tersebut terdapat klub sepakbola yang cukup populer (Real Madrid). Madrid merupakan ibukota dan kota terbesar di Spanyol. Kota ini terletak di Sungai Manzanares di bab tengah negara Spanyol.
Advertisement

Iklan Sidebar

Adsense 728x90