portal informasi 2022

Apa Yang Dimaksud Dengan Gorilla Glass

Apa Yang Dimaksud Dengan Gorilla Glass
Apa Yang Dimaksud Dengan Gorilla Glass
Pada tema teknologi kali ini, serba definisi akan membahas wacana pengertian Gorilla Glass serta kelebihan smartphone yang memakai Gorilla Glass.

Pada ketika kita membeli sebuah smartphone kemudian membaca-baca spesifikasi smartphone teserbut, kemudian ada sebuah spesifikasi yang menyatakan layar telah dilengkapi dengan Gorilla Glass. Bahkan jikalau kita membeli Smartphone kini ini telah dilengkapi dengan  Gorilla Glass 5 yang konon katanya mempunyai ketahanan sebesar 80% ketika dijatuhkan dari ketinggian 1,6 meter. Sementara pendahulunya, Gorilla Glass 4, hanya bertahan dari ketinggian 1 meter saja. Lalu kira-kira apa itu Gorilla Glass dan manfaat bagi layar smartphone.

Apa itu Gorilla Glass

Gorilla Glass ialah lembaran-lembaran beling yang terbuat dari beling aluminosilikat alkali yang mempunyai ukuran tipis dan bersifat ringan, tahan terhadap goresan, anti air bahkan hingga dengan tahan terhadap benturan keras. Intinya Gorilla Glass bertindak sebagai  screen protector yang berfungsi untuk meminimalisir gangguan dari luar.

Gorilla Glass diproduksi oleh sebuah perusahaan beling dan keramik yang berbasis di New York yang berjulukan Corning. Oleh sebab itu, kadang sering juga disebut dengan istilah panjangnya yaitu :Corning Gorilla Glass. Sedangkan pabrik yang menciptakan beling Gorilla Glass berada di Harrodsburg, Kentucky Amerika dan di Shizuoka, Jepang.

Gorilla Glass mulai diperkenalkan pada smartphone semenjak tahun 2007. Sejak diperkenalkan, Gorilla Glass terus digandrungi oleh vendor Smartphone sebab  mengingat ketahanan yang diberikan berbanding terbalik dengan ukurannya yang cukup tipis. Karena itu, sekitar 75 persen produsen Smartphone tetap loyal memakai Gorilla Glass sebagai pelindung luar dari perangkat besutannya.

Penggunaan Gorilla Glass bukan hanya di smartphone, beberapa vendor Android Wear juga memakai  Gorilla Glass. Berbagai produk elektronik lainnya yang mempunyai layar juga banyak yang sudah memakai Gorilla Glass, menyerupai : TV, Tablet. Bahkan tren beling yang dipakai pada gedung-gedung perkantoran telah mengadopsi Gorilla Glass.

Sejarah Gorilla Glass

Pada tahun 1960, perusahaan Corning dalam sebuah proyek yang diberinam "Project Muscle" melaksanakan sebuah penelitian wacana beling yang diperkuat dengan materi kimia. Hasil eksperimen tersebut berhasil mengembangangkan beling yang disebut dengan "Chemcor Glass", namun belum diproduksi secara massal. Permintaan Chemcor Glass ini pernah dipesan  oleh Race Car Dodge Dart dan Plymouth Barracuda, dimana berat beling kendaraan beroda empat tersebut menjadi berkurang sehingga menambah kecepatan kendaraan beroda empat tersebut. Chemcor Glass ini dipandang sebagai pendahulu dari Gorilla Glass.

Setelah Steve Jobs mendapati prototipe Iphone tergores oleh kunci yang ditaruh dalam saku celananya, Setelah Steve Jobs berpikir bagaiman cara mengatasinya hingga ia mendapat gosip wacana perusahaan Corning Inc.

Steve Jobs segera menghubungi CEO Corning Inc., Wendell Weeks, dan menyampaikan bahwa perusahaan "Apple" membutuhkan beling yang ringan dan berpengaruh untuk dipakai pada Iphone. Tentu saja Wendell Weeks menyampaikan sangat mungkin sanggup diterapkan. Karena teknologi ini sudah dikembangkan oleh perusahaan Corning semenjak tahun 1960, namun kurang dikenal sebab belum menemukan bentuk untuk diimplementasikan.


Pabrik Corning di Harrodsburg, Kentucky merilis Corning Glass  generasi pertama yang diperuntukkan Iphone pada Juni 2007.

Fungsi Gorilla Glass

Sebelum kemunculan Gorilla Glass, pelindung layar (screen protector) pada gadget hp lebih bersifat kepada pelindung terhadap ukiran biasa. Namun semenjak kehadiran Gorilla Glass telah membawa fenomenal yang luar biasa pada Smartphone, dimana Gorilla Glass sanggup mempunyai dua fungsi secara umum, yaitu :
  • Gorilla Glass bersifat Waterproof
    Berfungsi sebagai pertolongan layar yang tahan rusak dan juga tahan ketika berada dalam air.
  • Gorilla Glass bersifat Scratch-Resistant
    Berfungsi untuk melindungi laya dari ukiran dan juga tahap terhadap benturan yang keras. Seperti yang disebutkan diatas, Gorilla Glass 5 diklaim mempunyai efektivas 80% akan tahan jikalau dijatuhkan dari ketinggian 1.6 meter.
Advertisement

Iklan Sidebar

Adsense 728x90